Rabu, 04 November 2015

Nikah, Yuk!


sumber Gambar: serbasejarah.wordpress.com

Siapa yang belum kawin eh, nikah? Pasti pada pengin dong, ngerasain naik pelaminan jadi raja dan ratu sehari bareng sama pacar? Pengin banget! Atau siapa yang lagi rencana mau nikah?

Tapi kalau boleh aku kepo, apa dulu sih, alasan kalian mau nikah?
  1. Capek pacaran
  2. Tuntutan orangtua
  3. Mentok di umur
  4. Kepengin nikah muda
  5. “Kecelakaan"
  6. Dll.
Yang pasti apapun alasannya semua pasangan kekasih mau menyatukan cinta mereka, dan diakui oleh Agama serta Negara (kayak pelajaran PMP jaman SD :D).


Namun menikah bukanlah hanya persoalan antara kamu dan aku, tapi ada dua keluarga besar yang akan terlibat di dalamnya. Walaupun nantinya yang akan menjalani, ya, tetap kamu dan aku, sih. Hehe..

Nah, sebelum memutuskan untuk menikah ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:
Luruskanlah apa yang harus diluruskan pada kedua Orangtua. Maksudnya mulailah beritahu ke Orangtua mengenai rencana besar dengan kekasih kita. Lalu tanya pendapat Orangtua kita mengenai hal ini, apakah mereka keberatan? Keberatan secara personal ataupun karena hal lain. Misalkan: suku yang berbeda, agama yang berbeda atau karena latar belakang
Mulailah pendekatan ke orangtua kedua belah pihak, rajin-rajinlah berkunjung. Hal ini bertujuan agar kita semakin paham kebiasaan keluarga yang akan kita masuki nanti.
Jujurlah mengenai penghasilan yang kita dapat ke pasangan. Ini penting sih, menurutku. Maksudnya supaya jangan sampai saling menuntut yang berlebih ke salah satunya. Karena biasanya uang bisa menghancurkan segalanya, jadi bijaklah.
Jangan menolak bantuan dari orangtua. Anggaplah itu sebagai rejeki tambahan untuk mempermudah jalan kepernikahan. Pernikahan membutuhkan biaya. Besar, kecilnya tergantung kita mau mengadakan acara yg seperti apa, sederhanakah? Atau mewahkah?
Kalau point di atas semua lancar, bersiaplah ke tahapan selanjutnya. Apa tuh? Mempersiapkan pertemuan keluarga besar bisa sekalian lamaran, lho.

Happy Bridal wanna be!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar