Selasa, 10 Mei 2016

Tips Toilet Training Pada Anak Kala siang Hari


Toilet Training - www.cosmomom.net

Assalamualaikum,

Kali ini saya mau sedikit flashback saat saya melakukan toilet training-nya Hercules saya saat dia berusia satu tahun. Kebetulan saya memang membiasakan dia enggak memakai pampers kala siang, kalau ngompol, ya, sudah biarkan saja. Saya juga enggak pernah terlalu memikirkan cucian celana anak yang menumpuk, toh saya masih sanggup nyuci sendiri hehehe. Tapi saat malam hari saya masih memakaikan pampers dengan maksud agar tidurnya berkualitas dan enggak terganggu hanya karena setiap jam pipis (itu sih, pemikiran saya, lho, ya)

Membiasakan atau menatar anak pipis di wc juga membantu si anak untuk mengenalkan "warning" kebelet pipis. Saya enggak menggunakan training pant, karena memang enggak mau beli, sayang cuma dipakai sebentar. Saya juga enggak pakai pee trainer walau dapat kado itu dari teman, karena jujur saya malas membersihkannya nanti. Jadi mendingan saya mengajarkan sendiri anak saya pipis di wc.

Baiklah berikut tips toilet training di siang hari untuk si kecil dari saya.

1.      Mulailah ajak si kecil untuk pipis setiap 2 jam sekali, atau setiap jam saat kita melihat si kecil minum banyak.
2.      Biasakan pipis di wc. Agar si kecil terbiasa pipis pada tempat yang benar, enggak sembarangan
3.      Perhatikan dengan teliti kebiasaan anak. Terlebih jika dia sedang berdiri atau berjalan, apakah seperti menahan sesuatu. Jika terlihat seperti itu langsung tatar anak ke wc
4.      Saat pipis, beritahu si kecil bahwa seperti itulah tanda jika ingin buang air kecil agar si kecil hapal alarm kebelet pipis
5.      Bersikap selow hehehe. Enggak usah marah kalau sesekali anak masih pipis di celana. Namanya juga lagi belajar. Cukup beritahu dan ingatkan saja enggak usah pakai nyubit.

Buatlah kebiasaan-kebiasaan baik untuk si kecil termasuk kebiasaan pipis, perlahan si kecil akan terbiasa dan dengan sendirinya akan paham tanda kepengin pipis. Alhamdulillah Hercules saya di usia 1,5 tahun sudah pandai bilang “mau pipis” dan sudah enggak pernah pipis di celana kala siang hari.

Happy sharing!

8 komentar:

  1. 1,5 th y mb itu typo hehe saya jg mau toilet training tp males nyucinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, iya, typo.. hehehe.. sudah dibenerin mbak. makasih koreksinya.

      Tapi kalau rutin dibiasain malah celananya lebih sedikit plus biaya pampers berkurang hehehe

      Hapus
  2. wahhh pintar si dd, anak saya Abraham (Babam) krna GBE jd agak telat utk TT nya usia 3 tahun, skrg sdh mulai di biasakan walau perlu wktu..sabar yah kuncinya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kuncinya sabar dan telaten. Babam mah pinter pasti bisa diajak kompak sama bundanya

      Hapus
  3. Paling cocok umur berapa untuk training pipis ini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih untuk patokan umur saya rasa enggak ada kak. Umur 1 tahun sudah boleh dicoba kok, umur segitu kan anak sudah mulai ngerti diajak bicara. Kuncinya sabar sama telaten aja kak.

      Hapus
  4. Berapa lama tuh Mba prosesnya? Ohya, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

    BalasHapus
  5. Dari kecil mesti di latih yaaaa, mesti diajak ketoilet tanpa nunggu dia beser

    BalasHapus