Jumat, 29 Juli 2016

3 Cara Asik Menabung

       
Ms. Piggy - cindraprasasti.com

        Posting-an kali ini, saya  kepengin ngomongin masalah tabungan. Sebenarnya nabung itu perkara mudah, tapi biasanya niat awalnya saja yang menggebu tapi berakhir dengan kata "ah, bulan depan saja, deh" dan duit habis begitu saja, enggak tau ke mana.

       Supaya berhasil, coba buat planning yang keren, yang bisa memicu semangat kamu untuk menabung. Misalkan pengin ganti HP, pengin pergi haji, umroh, atau jalan-jalan ke luar negeri, beli rumah, beli kendaraan atau menikah.
Sebagai mama muda dan mantan anak muda jaman sekarang (ceile.. :D) saya mau kasih 3 cara asik ngumpulin duit yang sudah pernah saya lakuin dan it work!

1.   Sistem kalender
      Yang perlu kamu siapin adalah toples bening, atau botol air mineral bekas, atau wadah bening lainnya. Enggak perlu terlalu besar. Lalu beri label, tulis dengan nama bulan, contoh:  Januari, Februari, Maret dan seterusnya. Disesuaikan saja dengan bulan dimana kamu mulai menabung. Lalu sisihkanlah uang kamu sesuai tanggal tapi dibuat dalam satuan ribuan. Misalkan: Tanggal 1 berarti 1x1000 = 1000, lalu tanggal 2 berarti 2x1000 = 2000, tanggal 15 berarti 15x1000 = 15000 begitu seterusnya hingga tanggal di bulan itu habis.

       Nah, kalau setiap harinya kamu rutin masukin duit ke celengan mu, dalam waktu satu bulan kamu bisa menabung sebesar Rp 465.000 - Rp 496.000 tergantung tutup tanggalnya di 30 atau 31.

2. Sistem warna
    Perlengkapan yang mesti disiapin masih sama, toples bening, atau botol air mineral bekas, atau wadah bening lainnya. Tidak perlu diberi label bulan. Lalu tentukan kamu mau menyisihkan uang berapa. Bisa Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000. Misalkan kamu berniat menyisihkan Rp 10.000, jadi setiap ada duit Rp 10.000 itu berarti jatah masuk ke celengan mu. Nah, kalau sudah terkumpul banyak seperti gambar #ThePowerOf20rb, pasti kamu bakal makin semangat menabung.

Instagram: Vindy Harfrida - #ThePowerOf20rb
3. Sistem Bank
    Untuk yang satu ini, lebih cocok dilakukan untuk kamu yang punya penghasilan tetap. Kamu bisa mengikuti program tabungan yang diberikan oleh bank. Contoh hal, saya pakai contoh Bank Mandiri, ya, bukan karena mau promo tapi karena yang saya punyai adalah account di Bank Mandiri,
Bank Mandiri ada layanan yang namanya Rencana Mandiri. Kalau kamu ikut Rencana Mandiri, setiap bulannya saldo kamu akan dipotong sesuai dengan nominal yang sudah di setujui. Nominal minimal adalah Rp 100.000,- selama satu tahun. Syaratnya kamu harus mempunyai rekening di bank itu, karena nantinya komulatif uang tersebut akan otomatis ter-kredit ke dalam rekening kamu. Sebenarnya kamu jadi kayak dipaksa untuk menabung sih, tapi enggak apa, nanti tau-tau rekening kamu nambah deh, duit-nya

Gimana tertarik mencoba? Semuanya balik lagi ke niat kamu. Kalau niat kamu kuat, semua rencana kamu pasti bisa dijalankan, tapi sabar ya, namanya juga ngumpulin duit bukan ngerampok, hihihihi.

Happy Saving Money!

5 komentar:

  1. unik banget yang sistem warna, tapi kalo pake toples bening aku paling paling tergoda untuk membobolnya xixixiix

    BalasHapus
  2. Saya uda coba yang sistem kalender alhamdulilah berhasil cuman kesininya males jadinya dipatok aza deh 500rb tiap bulan langsung transfer ke bank yang tabungan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah ada penghasilan tetap enaknya langsung masukin ke bank sih, mbak, kayak ikuta tabungan rencana gitu

      Hapus
  3. itu celengannya lucu amat...bulet-bulet buntek gitu hahahaha
    Eh iya yah, gak pernah kepikiran cara ini.
    Ikutin ah. yang nomor 1 itu kayaknya paling sreg.

    BalasHapus