Rabu, 27 Juli 2016

Kapan Ya, Anak Saya Masuk Sekolah?

pixabay.com

Assalamualaikum

       Zaman sekarang banyak orangtua yang berlomba-lomba memasukan anaknya ke play group, atau paud atau TK, tanpa memperhatikan kesiapan si anak. Padahal sekolah bukan hanya sebagai tempat menuntut ilmu, tapi menjadi salah satu tempat pembentukan karakter anak. Nah, kali ini saya share beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua sebelum mengambil keputusan memasukan anak ke sekolah pertamanya.


1. Usia anak
       Usia sangat mempengaruhi kelancaran anak dalam menerima kegiatan di sekolah dan kelancaran belajar mengajar nantinya. Kalau menurut saya, usia yg pas untuk anak ke paud atau playgroup adalah 3,8 tahun - 4,5tahun.
       Namun saat ini banyak orangtua yang sudah memasuki anaknya ke paud atau play group di usia dibawah 3,8tahun. Yang ada disekolah anaknya malah nangis karena takut, atau nggak nyaman

2. Perhatikan kesiapan anak
       Saat usia anak sudah pas, lihatlah kesiapan anak. Apakah anak sudah bisa tidak terlalu mengandalkan orangtuanya? Atau apakah anak sudah bisa berinteraksi dengan orang lain? Karena nantinya selama di sekolah, anak akan bersama sang guru.

3. Pilihlah sekolah yang jaraknya tidak jauh dari rumah.
       Hal ini berhubungan dengan kenyamanan si anak. Pilihlah sekolah yang jarak tempuhnya enggak melebihi 30 menit dari rumah untuk menghindari kelelahan. Sekolah Hercules hanya 10 menit dari rumah jika berjalan kaki. Saat saya memutuskan untuk memilih sekolah itu, banyak tetangga yang komen "kenapa enggak masukin ke Tunas Harapan saja, kan lebih bagus" Just for your information, Tunas Harapan yang tetangga saya maksud jarak tempuhnya bisa 40 menit. Kalau saya, sih, ogah banget.

4. Pilihlah sekolah yang para petugas di dalamnya komunikatif
       Carilah sekolah yang para staff-nya terbuka membantu anda saat anda memerlukan informasi yang berhubungan dengan sekolah tersebut, terutama wali kelas sang anak. Jangan ragu menanyakan nomor HP sang guru, guna membangun komunikasi yang baik antara guru dengan orangtua tentang perkembangan anak kita di sekolah.

       Nah, menjadi orangtua memang harus bijak, apalagi menyangkut sekolah anak. Catatan pentingnya anak adalah anak, orangtua adalah orangtua. Bimbinglah mereka menjadi pribadi yang baik dan soleh/solehah.

4 komentar:

  1. Untungnya, anak2 ku bulan labirnya ga jauh2 dari bulan Juni...jadi lebih gampang ngitung umur buat masuk sekolah hehehe

    BalasHapus
  2. Untungnya, anak2 ku bulan labirnya ga jauh2 dari bulan Juni...jadi lebih gampang ngitung umur buat masuk sekolah hehehe

    BalasHapus
  3. Anakku 3y7m juga belum sekolah, mbak. Dianya sih selalu nagih pingin sekolah. Tapi masih belum dululah. Biarkan dia belajar sambil bermain di rumah dulu yang nggak terlalu membebani. :)

    BalasHapus
  4. Mayan... artikel bermanfaat untuk bekal masa depan.

    "Jangan ragu menanyakan nomor HP sang guru"
    Nanti kalo punya anak sekolahin di sekolah internasional ah..
    kan mayan dapet nomor telpon guru... sepik nanya perkembangan prestasi anak... *modus ahahahkkk :P

    BalasHapus