Selasa, 28 Februari 2017

Tips Memilih Universitas Swasta Terbaik


Image Credit: www.atmajaya.ac.id

Saat masih pakai rok abu-abu dan duduk dibangku kelas 3, menjelang kelulusan pasti kita mulai sibuk memilah-milah tempat mencari ilmu berikutnya. Ada yang mulai sibuk ikutan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBPTN) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ada yang malas ikutan seleksi dan memilih mencari perguruan tinggi swasta, seperti saya ini.


Namun rumor perguruan tinggi negeri dianggap lebih bagus ketimbang perguruan tinggi swasta dan lebih mudah saat mencari kerja nantinya, membuat para siswa dan siswi berbondong-bondong mengejar kesempatan untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Padahal enggak semua perguruan tinggi swasta itu buruk. Bahkan beberapa perguruan tinggi swasta mencetak lulusan yang berprestasi dan mudah mencari pekerjaan enggak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Tapi sebelum kamu mencari universitas swasta terbaik, ada baiknya kamu memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal ini:

1. Nama perguruan tinggi swasta

Jumlah perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia tentu lebih banyak dibandingkan deegan jumlah perguuruan tinggi negeri. Sehingga membuat beberapa orangtua bingung memilihkan universitas swasta terbaik untuk anaknya. Orangtua dapat memilihkan universitas swasta terbaik untuk anaknya dengan mengamati mana saja universitas swasta yang terkenal. Semakin terkenal universitas swasta tersebut, maka semakin bagus juga kualitas pendidikan, sarana prasarana, dosen, dan fasilitas yang diberikan untuk mahasiswanya.

2. Usia perguruan tinggi swasta

Universitas swasta terbaik juga dapat dipertimbangkan dari usianya. Semakin lama usia perguruan tinggi swasta tersebut apalagi jika sudah berusia hingga 10 tahun lebih dan masih berdiri, mengindikasi bahwa universitas swasta tersebut memiliki reputasi yang bagus, baik di mata masyarakat maupun pasar kerja.

3. Akreditasi perguruan tinggi swasta dan akreditasi jurusan

Setelah mengamati usia perguruan tinggi swasta, selanjutnya amati juga akreditasi perguruan tinggi swasta dan akreditasi jurusannya. Akreditasi juga merupakan indikasi perguruan tinggi swasta tersebut termasuk universitas swasta terbaik. Akreditasi perguruan tinggi swasta menunjukkan bahwa sarana, prasarana, fasilitas universitas tersebut memadahi atau enggak. Sedangkan akreditasi jurusan menunjukkan seberapa baik tenaga pengajar, kurikulum dan lulusan dari program studi tersebut. Baik enggaknya akreditasi ini dapat di cek pada www.ban-pt.or.id.

4. Finansial

Univesitas swasta terbaik biasanya memerlukan dana yang tinggi untuk biaya pendaftarannya, biaya masuk dan biaya per semesternya. Jadi pertimbangkan juga dananya. Sesuaikan dana dengan kemampuan orangtua. Jangan sampai setelah menjalani perkuliahan, ditengah - tengah putus karena enggak memiliki biaya untuk membayar kuliah.

5. Kelengkapan program pendidikan

Umumnya kurikulum atau kelengkapan program pendidikan pada setiap universitas berbeda-beda. Termasuk program-program internal seperti organisasi, UKM, lomba-lomba dan lain sebagainya. Pilihlah universitas swasta yang memiliki kelengkapan program pendidikan yang baik.

6. Lulusan bermutu

Meskipun kesuksesan dari lulusan perguruan tinggi swasta bergantung dari setiap individunya, namun Jika lulusannya bermutu dan mudah mendapat kerja, hal ini bisa menjadi gambaran bahwa perguruan tinggi swasta tersebut berkualitas.

7. Lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar juga menentukan kualitas dari sebuah perguruan tinggi swasta. Apabila lingkungannya baik, enggak ada track record tawuran atau demo anarki, kamu boleh mempercayakan pendidikan kamu selanjutanya di sana.


Gimana, sudah ada gambaran mau masuk perguruan tinggi mana? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu, ya!

4 komentar:

  1. emang mbak cindra kuliah disini?

    BalasHapus
  2. Setuju.
    Jangan sampai seperti beli kucing dalam karung.
    Semua harus terang benderang, agar tak ada penyesalan yang menimbulkan murung.

    BalasHapus
  3. selama ini saya pilih univ dengan rekomen nomor 1 2 3 4 dan univ yang paling dekat supaya bisa pulang terus karena dikangenin Ibu melulu >.<

    BalasHapus
  4. Diriku ngecek akreditasi dulu sih biasanya, baru ngecek biayanya biar bisa tahu berapa kisaran biaya sampe tamat

    BalasHapus