Selasa, 16 Mei 2017

Cara Terbaik Memberikan Kesan Pertama Saat Pendaftaran Beasiswa

Image by: www.republika.co.id


Membuat kesan pertama hebat merupakan hal yang sangat penting. Bagiamana tidak, kesan pertama yang hebat, selalu berhasil menjadi jalan kesuksesan dalam segala hal. Baik mendapat teman baru, mendapat pekerjaan, hingga beasiswa. 

Umumnya program beasiswa ini merupakan program yang cukup panjang prosesnya. Dari proses seleksi, melengkapi data diri, membuat esai, hingga wawancara. Pada saat itulah, anda wajib memberikan kesan pertama yang hebat kepada pemberi beasiswa. Adapun cara terbaik memberikan kesan pertama saat pendaftaran beasiswa diantaranya : 


1. Tunjukkan Ketertarikan Anda Terhadap Program Beasiswa Tersebut

Kesan pertama sangat penting, terutama untuk bersaing mendapatkan beasiswa S1 di Jakarta atau yang lainya. Tunjukkan ketertarikan anda terhadap program beasiswa tersebut saat pembuatan esai, wawancara, ataupun presentasi. Sampaikan dengan mantap, tegas, dan logis. Cerminkan juga pada setiap kata yang anda lontarkan dan sikap saat menghadapi wawancara. 

2. Tunjukkan Ketertarikan Anda Terhadap Institusi Pemberi Beasiswa

Selain menunjukkan ketertarikan terhadap program beasiswa S1 di jakarta atau berbagai program beasiswa lainya, menunjukkan ketertarikan lebih terhadap institusi pemberi beasiswa juga sangat penting. Jika pemberi beasiswa berasal dari institusi pendidikan maka tunjukkan ketertarikan Anda terhadap instituusi pendidikan tersebut. Gali infomarasi sebanyak-banyaknya tentang intitusi tersebut agar lebih meyakinkan. 

Jika pemberi beasiswa S1 di jakarta atau berbagai program beasiswa lainya adalah sebuah perusahaan, maka tunjukkan ketertarikan anda terhadap perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa anda benar-benar kagum dengan perusahaan tersebut dari segala aspek, seperti: manajemennnya, visi misi perusahaannya, atau yang lainnya.

3. Keinginan Belajar Lebih Penting Daripada Nilai Akademik 

Hal ini yang sangat penting dan masalah yang paling banyak sering terjadi. Kebanyakan mahasiswa tidak percaya diri mendaftar beasiswa dikarenakan nilai akademiknya tidak tinggi. Padahal keinginan belajar sebenarnya jauh lebih penting dari nilai akademik. Seorang pemberi beasiswa akan mempertimbangkan esai calon penerima beasiswa yang memiliki semangat dan keinginan belajar lebih. Karena bagi mereka, nilai hanyalah sebuah persyaratan dan sifatnya relatif, sedang keinginan belajar mutlak dari diri seseorang.

4. Jelaskan Bagaimana Anda Berkontribusi Dalam Program 

Seorang pemberi beasiswa tentu akan bertanya kepada anda, kontribusi apa yang akan anda berikan ketika menerima beasiswa. Jelaskan semua hal yang bisa anda lakukan dengan percaya diri tinggi, tanpa ragu-ragu, dan meyakinkan. Hal ini adalah poin terpenting. Seorang pemberi beasiswa tidak mungkin memberikan beasiswa kepada seseorang yang tidak memiliki kontribusi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar