Senin, 05 Juni 2017

Cerita Trimester Pertama Kehamilan Kedua


Image credit by www.cantikitu.com

Kehamilan itu unik menurut saya, setiap orang pasti beda-beda ceritanya. Kisah saya di kehamilan kedua ini pun sangat beda dengan kehamilan pertama. Di kehamilan kedua ini saya merasa gampang capek, bawaannya mau rebahan terus, rasa mual yang hampir setiap hari datang bikin saya kepayahan. Tidak seperti kehamilan anak pertama dulu, di trimester pertama mual-mual enggak selalu datang, hanya sesekali saja. Bahkan saya enggak ada masalah dalam beraktivitas. Mungkin juga faktor usia yang bisa dibilang sudah enggak muda lagi dan berat badan yang sudah jauh dari kata porposional, hihihi..


Bicara tentang kehamilan pasti enggak jauh-jauh dari topik ngidam. Pada kehamilan pertama saya, saya enggak ada ngidam yang khusus, saya hanya kepengen makan kue ape atau yang familiar disebut dengan kue tete. Itupun enggak harus langsung ada, dibeliin kapan pun saya makan. Di kehamilan kedua pun saya juga terlalu ngerasain ngidam yang berarti, saya cuma kepengen makan geplak yang akhirnya saya bikin sendiri di rumah setelah bingung harus beli di mana, terus saya kepengen makan asinan betawi yang sampai saat saya ketik tulisan ini masih belum kesampaian baru akan pesen sama teman, dan kepengen makan kue kembang goyang yang akhirnya secara kebetulan dikasih sama kakak sepupu. Alhamdulillah, rejeki anak soleha.

Lalu kalau ngebahas masalah hamil muda, pasti enggak jauh sama hal yang bikin mual. Ibu hamil itu memang secara indra penciuman akan lebih peka dibandingkan yang tidak hamil. Makannya terkadang suka mual kalau nyium bau tumisan bawang putih, mual bau minyak wangi yang menusuk, atau bahkan ada yang mual nyium bau suaminya sendiri, hihihi.. Alhamdulillah kalau yang itu saya enggak ngalamin. Tapi yang saya alami ini agak aneh, sih. Di kehamilan pertama saya, saya bisa muntah tiba-tiba hanya karena ngeliat atau ngebayangin wastafel cucian piring, hahahaaha.. Sedangkan di kehamilan kedua ini, saya bisa seketika mual setiap kali saya mencoba nge-draft tulisan, bahkan melihat blog saya saja saya mual! Saya jadi jarang buka sosial media terutama instagram. Saya buka instagram cuma untuk lihat lambe turah aja, hahahaha..

Banyak teman saya yang menanyakan kenapa sekarang saya jarang review kuliner lagi di blog, atau kok, instagramnya enggak update lagi biasanya rajin cekrek-cekrek makanan. Sejujurnya ini pengaruh dari rasa mual saya. Saya akan sangat mual saat melihat gambar-gambar makanan, apapun jenis makanannya. Sedangkan di Instagram saya banyak sekali teman-teman food blogger yang sering update foto makanan, makannya saya jadi enggak berani berani buka, even hanya melihat feed Instagram saya sendiri hihihi.. Baru sekarang saat usia kandungan saya memasuki 15w saya baru berani mencoba.

Lalu makanan apa yang bisa bikin mood saya hilang saat hamil muda? Kalau saat kehamilan pertama saya, ayam yang paling saya jauhi, semua olahan ayam. Untuk yang ke dua ini, ayam bisa bikin mual tapi hanya ayam goreng, dan gulai. Sedangkan ayam bakar, enggak. Lalu tahu bandung, kalau tahu sumedang, atau tahu kulit, atau tahu isi atau perkedel tahu enggak apa-apa. Dan saya lagi musuhan banget dengan makanan padang, jangaankan nyium baunya, ngebayangin bentuknya saja bisa bikin saya hilang mood seharian.

Yah, memang ada-ada saja kalau lagi hamil, kadang enggak masuk akal tapi memang begitu adanya. Ada yang bilang itu adalah bentuk caper-nya ibu hamil, susah juga ngejelasinnya gimana kalau secara ilmiah. Mendingan cobain hamil, deh, hehehe.. 

Happy pregnant, 15w!

1 komentar:

  1. Rindu nak hamil lagi tapi penat nak pergi check up di klinik. heheheh

    BalasHapus