Kamis, 21 April 2016

Sedia Ini Ketika Si Kecil Demam


Foto: Fimela.com
       Bulam April, kita mulai memasuki pergantian musim yang biasa kita sebut pancaroba. Untuk bunda yang punya anak balita atau batita, harus lebih diperhatikan gizi anaknya, ya, supaya enggak gampang sakit.

       Di masa peralihan cuaca seperti ini, anak-anak mudah sekali terkena flu, bisa hanya sekadar batuk pilek, atau sampai demam. Ketika anak demam, bundanya jangan langsung panik karena kalau bunda panik, si kecil makin merasa enggak nyaman.

       Demam terjadi biasanya karena tubuh terinfeksi virus atau bakteri. Peningkatan suhu tubuh (suhu normal biasanya 37 derajat) terjadi karena antibodi sedang melawan virus atau bakteri tersebut (ini yang saya tau dari beberapa dokter anak). Jadi bisa dibilang demam itu ada baiknya karena menjadi alarm untuk tubuh. Yang harus bunda lakukan adalah menjaga si anak dari luar yaitu dengan memberikan makanan dengan gizi yang cukup dan mengajak anak beristirahat. Jika demam dikarenakan virus, seperti influenza, demam akan terjadi selama 2-3 hari dan akan hilang dengan sendirinya. Beda hal jika demam dikarenakan serangan bakteri, biasanya harus diberikan tindakan medis lainnya, misalkan pemberian antibiotik.

       Nah, untuk yang baru menjadi ibu, nih, saya kasih tau perlengkapan apa yang sebaiknya ada di rumah bila si kecil demam.

1. Thermometer
    Alat ini sangat penting dan wajib punya di rumah. Supaya bunda dapat mengukur suhu tubuh si kecil dengan baik, minimal mendekati akuratlah.

2. Paracetamol
    Untuk saat ini, paracetamol adalah obat yang dianggap paling aman saat anak demam. Setidaknya paracetamol membantu meredakan nyeri atau ketidaknyamanan pada anak saat sakit.

3. Minyak kayu putih
    Minyak kayu putih biasa saya gunakan untuk membuat uap minyak kayu putih. Ini berguna banget jika anak pilek. Uap minyak kayu putih bisa membantu melegakan napas anak saat tidur.
Caranya: siapkan 1 baskom berisi air panas, masukan beberapa tetes minyak kayu putih dan biarkan uap nya mengisi ruangan si kecil. Oh, ya, karena itu air panas, pastikan baskom diletakan ditempat yang aman ya.

4. Perlengkapan kompres
    Kompres masih menjadi tindakan andalan saat anak demam. Tapi jaman dulu waktu saya kecil, justru orangtua mengompres saya menggunakan air dingin. Memang panas badan saya agak turun, tapi kemudian saya makin pilek. Nah, baiknya mengkompres anak menggunakan air hangat.

       Selain ke empat point di atas, anak harus minum air putih yang banyak atau memberikan ASI jika masih di bawah 1 tahun. Hal ini menjaga agar anak tidak dehidrasi saat demam. Tetap pantau demam anak, ya, bun. Terutama saat malam hari. Biasanya demam akan meningkat saat sore hari menjelang malam hingga menjelang pagi. Jika selama 3 hari demam tidak juga turun, langsung saja ajak si kecil ke dokter.




1 komentar: