Jumat, 11 Desember 2015

Rindu Masa Lalu

@cindraprasasti

“Beli kado apa kita Dam?”
Auk, bingung”
“Beliin softex aja deh, pasti kepakai kan?”
“Agak gimana sih, tapi daripada nggak ada ide”

Akhir dari percakapan gue sama Adam teman sehidup gue, yang sudah 1 jam nggak nemuin kado apa yang akan kita kasih ke Putri teman sekelas gue dan Adam yang hari ini ulang tahun.

“Pertanyaan selanjutnya, kita beli softex di mana?”
“Coba cari di matrial aja bro”
“Lo kira softex bakal campuran semen!”
“Ya elo pake nanya ke gue! Noh warung, mendingan lo buruan beli di situ” Suruh Adam sambil nunjuk ke warung
“Gue?? Elo aja kali! Lo kira gue cowok apaan pake begituan” sambil niru suara banci
“Ya terus siapa yang beli nih? Kita berdua aja deh, biar adil”
“Oke”

Kita berdua udah kayak pasangan homo yang mau masuk hotel. Tapi begitu sampai di depan warung, gue dan Adam kompakan berhenti.

“Gue nggak bisa begini Dam! Nggak bisa! Mau taruh di mana harga diri gue sebagai lelaki tulen? Masa gue beli pembalut, kalau sampai fans gue lihat gimana?”
“Ah, sempak! Gini deh, kita ke rumah Rindu aja yuk? Kan deket tuh dari rumah Putri, ntar kita minta tolong dia beliin pembalutnya”

Gue dan Adam langsung cabut kerumah Rindu. Rindu itu temen SMP gue dan Adam. Tapi kalau sama Adam, Rindu sudah temenan sejak SD. Rindu Orangnya asik, jago main gitar dan organ, dia nggak gampang ngambek atau marah sekalipun diledek. Rindu sempat jadi temen sekelas gue waktu SMP. Badannya gemuk, pakai kacamata, rambutnya selalu dipotong Sheggy. Nggak ada yang menarik lah di diri Rindu kalau menurut gue.

“Assalamualaikum, Rindu!” panggil gue dan Adam berbarengan
Seorang wanita paruh baya keluar, itu Ibunya Rindu. Gue dan Adam langsung cium tangan
“Rindu, ada bu?”
“Ada, ayo masuk”

Gue pun ngikutin si Ibu masuk ke dalam rumah.

“Ndu, ada temen kamu nih” Panggil sang ibu
“Iya” Suara lembut Rindu terdengar dari balik ruangan yang gue tahu itu adalah kamarnya.
“Woy, Dam, Ndi, tumben lo pada ke sini. Gue kira udah lupa jalan rumah gue”

Sosok perempuan dengan celana pendek berwarna putih, kaki dan pahanya yang mulus berdiri di depan gue. Shit, siapa ini yang ada di depan gue? Ini Rindu? Rindu yang gendut, yang menurut gue nggak menarik? Ini beneran dia? Kemana lemak-lemak ditubuhnya? Badannya tidak lagi gendut.

Suara Adam dan Rindu hanya terdengar sampai telinga gue, tanpa mampu gue ikutan nimbrung dalam percakapan mereka. Tiba-tiba otak gue mengalami gangguan koma sesaat. Rindu terlihat menarik, dan mata gue nggak mampu teralihkan darinya.

Saat Rindu bangun dari duduknya, semua lamunan gue buyar.

“Mau ke mana si Rindu, Dam?”
“Beli pembalut”
“Lah, lagi dateng bulan dia?”
Et, Zigot! Lah kan kita minta tolong sama dia buat beli kado si Putri. Lo gimana sih? Dari tadi gue perhatiin cuma bengong doang, mana pake ngiler-ngiler lagi”
“kaget gue, Dam..” belum sempat gue lanjutin, Rindu balik sambil bawa sebungkus pembalut wanita.
“Nih, trus ini dibungkus pake apa?” tanya Adam
“Iya lupa nggak beli kertas kadonya”
“Gini aja nggak usah dibungkus tinggal tambahin pita aja, gimana?” kita berdua mengangguk kompak tanda setuju sama usul Rindu.

Setelahnya, gue dan Adam Pamitan. Nggak lupa tukeran nomer HP dan bilang terima kasih ke Rindu.
Bayangan muka Rindu menemani gue sepanjang jalan menuju rumah Putri. Sahabat kecil gue yang dulu gue kenal masih pakai rok biru, sekarang jadi pribadi yang menarik. Tapi sikap dan sifatnya nggak pernah berubah, Rindu tetap hangat, ceria, baik dan nggak pernah marah walau dibercandain bagaimanapun. Dia masih sama dengan Rindu yang dulu.

“Rindu  cantik ya, Dam sekarang”
“Iya beda banget ya, sama pas SMP. Kenapa lo? Naksir? Ngaca broh, si tya lo mau ke manain?”

Pertanyaan Adam rasanya nggak perlu gue jawab. Yang pasti gue seneng bisa ketemu Rindu hari ini. Pertemuan pertama kali setelah 4 tahun kita nggak pernah berjumpa sekalipun. Haaah.. ternyata waktu cepat sekali berlalu, dan tiba-tiba ada sebuah Rindu menyelip di kalbu, tentang masa-masa itu.




1 komentar: