Minggu, 24 Januari 2016

Hati-Hati Malware Merebak di Facebook

Pixabay.com

Beberapa minggu lalu, Facebook ku di-invite oleh seorang teman untuk join group aneh. Aku sebut itu aneh karena nama group-nya aneh, lion 1, lion 2, lion 3 *mungkin akan sampai lion 10 ngalahin episode sinetron cinta fitri*. Aku coba masuk, ternyata group itu diadminkan oleh orang vietnam. Karena ngerasa nggak kenal akhirnya aku leave group. Tapi baru 5 menit leave, sudah di-invite lagi, begitu seterusnya.

Kalau teman-teman ada yang mengalami hal yang sama, ini yang harus kamu lakuin.

1. Segera leave group tersebut, dengan cara meng-klik "Join" dan pilih leave group

2. Segera block orang yang meng-invite kamu, nggak usah pikir panjang lagi. Karena kalau nggak di-block, kamu pasti bakal terus-terusan di-invite.

3. Jika orang yang men-invite mu adalah teman, atau saudara, atau seseorang yang kamu kenal, segera beritahu mereke bahwa Facebook-nya terjangkit malware

4. Jangan pernah tergiur atau penasaran membuka apapun yang di-share oleh group itu. Karena biasanya sudah di program mengandung malware atau virus yang selain menggangu Facebook kamu, juga bisa merusak device yang kamu gunakan.

Sedikit info tentang malware, apasih malware itu?
Meringkas dari blog-nya IT-Lebak, Malware adalah sebuah program atau aplikasi yang diciptakan untuk mengubah, merusak hingga mencuri data-data pribadi orang lain yang terdapat pada komputer yang telah terjangkit malware tersebut. Diciptakannya malware memiliki beragam tujuan dari sang penciptanya, seperti untuk memata-matai aktivitas orang lain, atau mengambil data-data pribadi dan masih banyak lagi.


Nah, semoga info ini bermanfaat. Tetap hati-hati ya, kawan!

10 komentar:

  1. Wah makasih banget tips nya mbak :)

    BalasHapus
  2. Games bgt mbk..berkali2 di msukkan k group g jlas...klo akun kita terlnjur terinfeksi gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera ganti password FB, jangan lupa di block yang menginvite. lalu coba download malwarebytes untuk menghapus infeksi malware di pc.

      Sementara baru itu yang aku tau kak

      Hapus
  3. Sempet gemes juga aku mbakkkk. Ada settingannya mbak di fb itu, jadi kita tolak setiap invite-an kecuali atas persetujuan kitanya :D

    BalasHapus
  4. makasih banget mbak. Kadang aku suka gimana kalau ngeblog orang itu padahal mereka juga gak pernah memasukan orang2 ke grup aneh, tapi gimana lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena mereka pun kena malware, kak. Dari pada kita yang kena :D

      Hapus
  5. Wuih bahaya, untung jarang banget buka facebook sih. Tapi kemaren-kemaren pas liat notification banyak banget yang masukin ke grup-grup gitu, ga aneh sih nama grup-nya tapi ya tetep aja ganggu. Akhirnya leave grup-grup tersebut takutnya ada virus gitu.

    Btw, thanks banget infonya bermanfaat. :D

    BalasHapus